Archives

Strategi Menjaga Kekudusan Seksual Di Masa Pacaran

Respecting Your Date 3

Say No to Premarital Sex: How?

Strategi Menjaga Kekudusan Seksual Di Masa Pacaran

“Saya baru saja bertunangan dengan seorang pemuda yang menyenangkan. Dia meminta saya untuk menikah dengannya, karena dia mencintai saya. Senang sekali rasanya mengalami cinta, ingin rasanya selalu berdekatan dengan dia. Makin lama, kami semakin dekat secara seksual, lebih dari apa yang pernah kami bayangkan. Kami mulai bercumbu, tidak sering hanya sekali-sekali saja. Akhir-akhir ini, saya ingin melakukannya lebih jauh, dia pun demikian. Tidak seorangpun dari kami yang merasa tertekan. Kadang-kadang, saya tertarik untuk melakukan hubungan seks dengannya karena saya merasa senang bersamanya. Saya tahu dia pun demikian. Dia tidak pernah menjebak saya dengan perasaan bersalah, sewaktu saya memintanya untuk berhenti. Namun terkadang saya pun tidak ingin memintanya untuk berhenti. Pertanyaannya: Apakah perasaan ketertarikan ini salah? Apa yang harus saya lakukan ketika perasaan ini muncul?”

Pernyataan yang jujur dan terbuka di atas, datang dari seorang gadis. Masalah yang diungkap, mewakili pergumulan banyak insan muda yang sedang berpacaran.

Firman Tuhan mengatakan dalam Mazmur 119: 9 Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Firman Tuhan mendorong anak-anak muda untuk mempertahankan kelakuan yang bersih. Dengan apa? Dengan menjaga sesuai firman Tuhan.

Memang masa-masa berpacaran adalah masa yang sangat menyenangkan. Segala hal dirasa sungguh sangat baik.  Ada kobaran api yang membara dalam seluruh sanubari. Apa yang biasanya dirasa tidak mungkin, menjadi mungkin. Bersama sang kekasih, saya mampu melampaui segala rintangan! Kenapa begitu? Ya…Semua karena cinta! Ada apa dengan cinta? Cinta memang kuat seperti maut! Karenanya mesti ekstra hati-hati!

Dalam urusan cinta mencintai, pasti ada perasaan tertarik secara seksual. Muncul keinginan untuk selalu berdekatan fisik. Apakah perasaan tertarik untuk berhubungan seks, itu salah?

Continue reading

Respecting Your Date: Arah ketertarikan Seksual

Respecting Your Date 1

Friendship – Dating – Married

Dating INSIGHT Live @YouTube. Kilk link ini ya

Ibrani 13:4  Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Bagaimana sih proses sebuah hubungan itu terjalin?

Zaman dahulu kala, hubungan dua insan terjalin karena hasil penjodohan orang tua. Cowok- cewek, ga pernah kenal, tahu-tahu disuruh kawin oleh papa mamanya. Boro-boro pacaran, temenan aja ga pernah, eh sontak mesti nikah. Terpaksa deh menerima.

Sekarang, sudah bebas, tidak lagi seperti jaman dulu. Di masa kini, pria dan wanita mengikat hubungan karena saling tertarik. Mulanya biasa saja. Lama-lama kenal, eh jatuh cinta. Cinta yang  romantis dan bikin panas dingin.

Setiap manusia berhak jatuh cinta, boleh memilih dan menentukan pasangannya sendiri. Mereka akan bersama-sama mengarungi kehidupan yang panjang di dunia. Sungguh anugrah besar! Kita patut bersyukur. Saya sendiri (Liana) membayangkan betapa menakutkan rasanya, jika harus menjalani pernikahan seumur hidup dengan orang yang saya tidak sukai.

Bicara soal cinta, pasti kebayang yang indah-indah. Seru. Asyik. WOW gitu… namun waspada deh, karena nyatanya banyak juga yang kecewa karena cinta. Bukan kecewa aja lho, tapi ada juga yang hidupnya hancur berantakan karena cinta.

Dalam buku “GARAM & TERANG for Youth” ada satu bab khusus mengupas akan cinta. Bab 3 “Romance in Fire!”  Baca deh bukunya.

Jatuh cinta adalah karunia Tuhan. Berbahagialah jika dapat merasakan jatuh cinta; apalagi kalau cintanya bersambut. Kan perlu dua orang untuk saling mencintai. Cinta itu sesuatu yang  teramat indah, agung dan mulia. Kalau udah cinta, tidak akan ada yang bisa memisahkan. Ada keinginan untuk selalu bersama, saling berkorban, saling membela, ada kesalingan. Kekuatannya sangat dahsyat. Cinta kuat seperti maut. Ditambah Firman Tuhan menyatakan, “Apa yang dipersatukan oleh Allah, tidak boleh diceraikan oleh manusia”. Jelas, ini adalah meterai yang Tuhan berikan untuk jaminan cinta. Cinta diikat seumur hidup.

Senang banget lho, mengetahui bahwa Tuhan sendiri yang menggariskan dan meneguhkan hal ini. Bayangkan, dia yang kucinta dan mencintaiku akan menemaniku seumur hidup. Ciee… asyik kan! Dalam hidup yang sementara ini, kita diijinkan mencicipi kebersatuan, sampai maut memisahkan! Bersamanya, berkarya, melayani Tuhan sang pencipta, memberkati dunia ini. Sungguh luar biasa, Amazing rancangan Tuhan bagi manusia.

Kalo cinta begitu amazing, lantas apa yang perlu diwaspadai?

Dalam Kidung Agung 8:6, melukiskan cinta seperti nyala api, bahkan seperti nyala api Tuhan! Anak muda harus pandai-pandai mengendalikan api cinta yang membara itu. Jika tidak bisa menguasainya, sangat berbahaya! Api, jika terkendali, amat bermanfaat; tapi jika tidak bisa menguasainya, api kecil lama-lama jadi bahaya besar! Bikin kebakaran! Pohon-pohon yang indah di hutan, semua dilalap. Binatang-binatang yang berteduh kabur semua.  Asap pekatnya masuk ke rumah-rumah penduduk, membawa racun dalam gas, menjadi biang kerok ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas). Jangan bermain api! Jangan mencemarkan tempat tidur! Sudah terlalu banyak kasus MBA (Married By Accident). Walhasil, buru-buru menikah karena hamil di luar nikah.

Tidak boleh berasumsi, asal udah Kristen pasti aman, ga bakalan deh jatuh dalam dosa seksual, apalagi melakukan hubungan seks di luar nikah. Nyatanya, ndak tuh… banyak anak muda yang ga kuat imannya.

Menurut data yang diambil tahun 2011 di USA dari CNN Believe Article, 80% orang Kristen yang berumur 18 sampai 29 tahun (usia pemuda-pemudi), mengatakan bahwa mereka telah melakukan pre-marital seksual.

Data lainnya, di tahun 2012: Mereka yang melakukan aborsi ternyata 30% nya orang-orang Kristen. Ada lagi 56% yang mengaku Kristen berkata, “Tidak apa-apa tinggal bersama, jika sudah berpacaran lebih dari 6 bulan.” Semua ini jelas melanggar firman Tuhan. Kita patut merasa sedih, prihatin dan seyogyanya tidak ikut-ikutan.

Jadi, bagaimana? Garis batas yang tegas sesuai firman Tuhan haruslah tetap ditegakkan, jika kita meminta Tuhan memberkati masa-masa pacaran, tapi melanggar firman-Nya…mana mungkin kita mengalami penyertaan-Nya?

Karena itu, mari kita mencoba memahami lebih utuh akan arah ketertarikan seksual, supaya di masa-masa pacaran tidak sampai jatuh dalam dosa seksual.

Manusia diciptakan sebagai sexual being. Ada gender cowok; ada cewek. Sangat normal, jika seorang pria tertarik kepada wanita, demikian sebaliknya. Dalam ketertarikan itu, pastinya ada unsur seksual.

Perhatikan ada tiga (3) Zone dalam arah ketertarikan seksual:

  1. Zone Persahabatan

Anak-anak muda biasanya senang sekali ngumpul bareng teman-teman sebayanya. Mereka punya grup. Nonton bareng-bareng, minum kopi di cafe rame-rame, ketemu just buat ngobrol-ngobrol, kongkow-kongkow ga bertujuan. Pokoknya, asal bisa ngumpul sudah senang banget. Semuanya teman biasa. Teman se-grup. Masih dalam Friendzone.

Dari teman biasa, jika ditambahkan rasa percaya pasti jadi sahabat (teman dekat). Kalau timbul rasa percaya, setiap ingin bicara perkara penting, pasti nyarinya dia terus buat teman curhat. Kita percaya, kalau dia bisa mengerti pergumulan kita dan tidak akan menceritakannya pada orang lain.

Sahabat boleh sama-sama cowok atau sama-sama cewek. Berbeda jenis kelamin juga boleh. Tapi perhatikan, jika beda gender, kedekatan ini mudah sekali ditunggangi perasaan tertarik. Biasanya, tidak ada tuh persahabatan antara pria-wanita untuk selamanya.

Dalam relasi pria-wanita yang saling tertarik, pasti akan masuk unsur fisik. Unsur fisik misalnya keinginan menggandeng tangannya, membelai rambutnya, merangkul, sampai memeluk. Kalau unsur fisik masuk, inilah tandanya persahabatan sudah berubah menjadi hubungan cinta.

Ada seorang gadis bernama Nita. Dia punya seorang sahabat pria yang sudah dekat sekali. Walau dekat, tetap ga jelas statusnya: Apakah pacar atau bukan? Karena si pria tidak pernah menyatakan cinta…Nita bingung, rasa-rasanya mungkin sudah jadian karena cowok ini sangat perhatian. Nita juga sudah digandeng kalo lagi pergi jalan-jalan, pernah dibelai, dan Nita mau saja. Walhasil, Nita merasa “jatuh cinta” pada sahabatnya ini.

Tiba-tiba, suatu hari, si cowok curhat bahwa ada seorang gadis namanya Dewi yang dia lagi taksir. Menanyakan, apa yang harus diperbuat supaya bisa mendapatkan Dewi. Tinggal sekarang, Nita kebingungan akan perasaannya. Serba salah! Cowok itu sahabatnya, tapi sudah memperlakukannya seperti pacar,…eh malah mau jadian sama cewek lain. So, harus bagaimana? Kalo ngomong jujur, takut dibilang ke “G-R an.” Kalo diam, tambah sakit hati. Berlagak tulus membantu si cowok dapatin cewek lain, tidak sanggup. Aduh sakitnya! Sakitnya itu disini! (sambil nunjuk dada)

Maka, sebelum terjadi seperti kasus Nita, pahami batasannya. Jika persahabatan sudah ditambahkan unsur rasa tertarik dan keinginan fisik, seharusnyalah stop tahap sahabat dan berani move on ke tahapan berikutnya.

Bagi wanita, jangan mau digandeng, dibelai, dirangkul oleh pria yang bukan pacar. Tidak ada komitmen. Pacar bukan, suami bukan. Sorry ya. Sebagai wanita, harus ada pride, harga diri.

Bagi para pria, jika berani menggandeng tangan seorang wanita, jelas harus punya keberanian untuk berkomitmen. Kalo cinta, nyatakan cinta! Jangan asal pegang, gandeng, terus se-enaknya berkata, “Dia cuma teman biasa saja kok.” Emangnya truk gandeng!

  1. Zona Pacaran

Inilah zone Dating INSIGHT: Memberikan prinsip pacaran Kristiani yang insightful. Dengarkan Dating INSIGHT ya. Diskusikan dengan pacarmu: Poin-poin penting yang kami sampaikan.

Kalo masuk Zona Pacaran, udah beda banget dengan Zona Temanan. Zona pacaran lebih eksklusif. Dulu kan kalo pergi selalu beramai-ramai, sekarang pengennya pergi berdua saja.  Sebelumnya, tidak terlalu perduli, sekarang…mau tahu banyak tentang dirinya. Biasanya ketemuan di tempat-tempat umum, sekarang mau ke rumahnya.

Kala itu, tidak pernah ada perasaan rindu, sekarang sulit menahan rindu ini. Kepingin ketemu terus, maunya dekatan mulu.  Kalau satu kota, mungkin setiap hari disatronin kayak satpam. Kalau beda kota, misalnya satu di Bandung, satu di Jakarta, masih bisa ketemu seminggu sekali; yang rasanya sooo long (lama banget) untuk bisa ketemuan melepas rasa kangen.

Nah, saat kangen-kangenan ini, apalagi ditambah keinginan fisik, maka harus full control. Keinginan mau keberduaan pasti ada. Perlu strategi yang tepat supaya tidak meluncur, bablas dan jatuh dalam dosa.

Respecting Your Date. Tema ini sangat penting. Kekudusan seks paling sering dilanggar sewaktu pacaran. Mengganggap pacar sebagai milik atau hak pribadi. Hati-hati! Kalau belum nikah ya…belum menjadi milik dong! Ketertarikan seksual tanpa kendali, mendatangkan kesedihan yang sangat mendalam. Kita perlu pemahaman yang tepat untuk dapat mengendalikan nafsu/keinginan daging. Langkah-langkah apa sajakah yang perlu dilakukan untuk menjaga kekudusanmu dan kekasihmu, perlu dibicarakan dan disepakati.

Dalam masa persahabatan, tentu seks tidak menjadi masalah. Dalam persahabatan, tidak eksklusif. Pergi aja masih rame-rame. Happy-happy bersama-sama. Lain halnya kalau udah pacaran. Sudah terikat komitmen untuk mau lebih intim dengan dia seorang. Kenapa sih  mau dengan rela mengikatkan diri kepada seseorang? Pastilah karena sudah  naksir berat sama si”dia”.

Komitmen untuk lebih intim, ditanggapi berbeda antara pria dan wanita. Bagi pria, keintiman fisik mendahului keterlibatan emosi; sedang buat wanita, terlibat emosi dulu baru mau intim secara fisik.

Nah, pria mengungkapkan cintanya, secara fisikal. Mulai dengan memegang tangan, lalu meningkat dengan membelai rambut, tambah mengecup pipi, kemudian merangkul pinggang, eh… makin-makin banyak maunya. Di sini, pria harus mengendalikan keinginannya akan keintiman fisik. Seks itu ibarat orang yang terjun payung. Ada gaya gravitasi bumi yang membuatnya jatuh ke bawah. Jika terjun bebas tanpa bantuan, pasti jatuh dengan cepat dan hasilnya hancur belur ketika berjumpa daratan. Karenanya, perlu pake parasut. Parasut akan memperlambat jatuhnya dan hasilnya pasti selamat. Saat turun memakai parasut, pasti berbahagia karena banyak yang dapat dinikmati selama di udara. Sampai tiba waktunya, dia menyentuh tanah dengan sukacita. Ada perasaan puas!

Demikian pula halnya sewaktu pacaran, perlengkapi diri agar dapat menikmati masa pacaran dan siap mendarat menapak tanah. Kenali si dia dalam banyak hal.  Bisakah dia setia? Mampukah dia dipercaya? Apakah dia orangnya kasar atau halus? Bagaimanakah dia berespon terhadap kesulitan? Apakah saya bisa hidup dengan orang model gini?

Wanita, mengungkapkan cinta melalui keterlibatan emosi. Seringkali wanita terjebak dalam ikatan emosi yang belum seharusnya. Sulit bagi wanita untuk recover kalo diputusin, jika sudah terikat kuat emosinya. Seperti apa keterikatan emosi? Emosi itu menyangkut perasaan terdalam, mempengaruhi mood, dan tindakan. Belum apa-apa…udah merasa kamu milikku. Ingin mengontrol. Mau tahu segala hal. Dia akan menuntut si pria selalu menunjukkan cintanya dengan perhatian, rayuan, pujian. Banyak mengkhayalkan masa depan bersama. Nanti kalo menikah, mau dimana; mau pesan baju model apa, siapa aja yang mau diundang, lalu punya anak berapa, rumah di mana… sampai-sampai cowoknya pusing.  Wanita harus mengendalikan keinginannya akan keintiman emosi. Jangan memberi komitmen emosi terlalu banyak dalam masa pacaran.

Sampai tiba waktunya untuk menikah. Rayakanlah kebahagiaan itu.

Ada waktunya untuk pacaran, ada waktunya untuk menikah. Pacaran kelamaan, tidak menikah-menikah, ini tidak sehat. Jadi kalau udah pacaran sampai jangka waktu tertentu, tentukan kapan menikah!

  1. Zona Pernikahan

Saat si wanita ingin mengikatkan diri secara emosional, sedangkan pria tertarik secara fisik. Di manakah ujungnya? Muaranya mesti ke mana? Misal: pria dan wanita sudah menjalin hubungan pacaran selama 2 tahun, ketika si wanita bertanya,”Kapan mau menikah?” Si pria harus bisa menjawab! Seperti saat sedang terbang dari Bandung ke Bali, kita punya estimasi waktu sekitar 1,5 jam. Jika dalam waktu 5 jam, ternyata belum sampai-sampai juga ke Bali dan cuma berputar-putar saja di udara! Jelas gawat sekali!

Keterikatan emosi dan keterlibatan fisik, muaranya ini di mana? Inilah yang kita harus berhati-hati karena ujungnya/muaranya adalah hubungan seks.

Ini sudah masuk ke dalam tahap ketiga, yaitu tahapan pernikahan.

Boleh tidak pria dan wanita berhubungan seks? Tentu saja boleh, namun setelah terlebih dahulu mengikatkan diri dalam pernikahan. Yang menjadi tantangan adalah dalam intensitas hubungan yang terjadi, bisakah menjaga kekudusan itu sampai  hari pernikahan? Jangan sampai terjadi hubungan seks di luar nikah.

Nah, bagaimana mengaturnya?

  • Jangan terlalu sering hanya berduaan.
  • Carilah konteks untuk dapat melakukan suatu kegiatan bersama-sama dalam suatu komunitas (ikut grup panjat tebing, grup fotografi, dll)
  • Jangan terlalu eksklusif, tetap terbuka dengan pergaulan dengan teman-teman yang lain.

Bagaimana menjaga intensitas itu?

  • Harus ada kejujuran

Si pria jujur bahwa saya tertarik secara seksual dengan kamu. Tolong doakan agar kita berdua tidak jatuh dalam dosa seksual. Jangan anggap diri kuat, bahwa kita tidak akan jatuh dalam dosa seksual.

  • Konteks kehidupan harus banyak

Ada pelayanan, ada fitness, nonton, dll. Jangan hanya di rumah bahkan di kamar saja berduaan.

Jika intensitas arah ketertarikan seksual dijaga dengan baik, niscaya akan masuk pernikahan kudus dengan sukses dan berhasil. Puji Tuhan!

Ikuti terus kelanjutannya dalam Dating INSIGHT!

Mazmur 119: 9 Dengan apakah seorang muda menjaga kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai firman-Mu.

Chang Khui Fa & Liana.

GOOD NEWS! Teman-teman, buku Dating INSIGHT season 1 akan dilaunching minggu ini. You are invited! Launching akan diadakan di TB VISI Istana Plaza lantai 3. Hari Minggu 9 Nov 2014. Mulai jam 11.00- 15.00. Kami (Chang Khui Fa dan Liana) akan hadir juga. Yuk ketemuan. Bisa foto bareng dan tanda tangan buku juga CDnya… Cu there my friends. God Bless you.