Dating INSIGHT ?

Siaran Perdana, 3 Maret 2014

Dating INSIGHT: Insightful Christian Dating Principles

Setiap Senin, Pk. 7.00-8.00 malam LIVE @ Maestro 92,5 FM Bandung

Live Interaction via SMS/WA/Viber 0812 2099 7939 atau BBM Pin 759246BB

Watch via Youtube and SUBSCRIBE Free klik disini

Siaran Dating INSIGHT adalah LIVE Talkshow yang diselenggarakan dan disiarkan langsung melalui Radio Maestro 92.5 FM di Bandung. Dengan Liana sebagai moderator dan Ev.Chang Khui Fa, sebagai Hamba Tuhan dan Narasumber acara ini. Pendengar bisa berinteraksi melalui line SMS ataupun BBM yang diopen pada saat on air. Setiap pertanyaan yang masuk pasti akan dilayani, on air ataupun off air. So….Stay tune on Dating INSIGHT!

Apa yang menjadi reason atau latar belakang adanya program Dating INSIGHT?

Ev. Chang Khui Fa:

Setelah cukup lama berkecimpung dalam pelayanan pasangan suami isteri (pasutri), saya seringkali menemukan banyak pasutri  terhambat di sana-sini dalam perjalanan kehidupan pernikahan mereka. Pernikahan yang diawali dengan begitu indah, diberkati dalam gereja, dirayakan dengan pesta yang meriah, tapi dalam perjalanannya tidaklah mudah, bahkan banyak yang terputus di tengah jalan, mengambil jalan masing-masing dan berpisah!

Dari data-data yang diperoleh dari Badan Peradilan Agama (BPA) Mahkamah Agung, presentase angka perceraian di Indonesia telah naik 70% terhitung sejak 2005 hingga 2011 (55.509 kasus di 2005 dan pada tahun 2011 menjadi 320.000 kasus).

 Tiga besar penyebab perceraian:

  1. Ketidak harmonisan sebesar 91.000 perkara
  2. Tidak adanya tanggung jawab 78.000 perkara
  3. Masalah ekonomi 67.000 perkara

Sebetulnya jika dievaluasi, dari semua penyebab tersebut, seharusnya masih ada harapan untuk mempertahankan pernikahan. Melalui edukasi, setiap pasangan suami isteri pasti bisa dididik untuk lebih harmonis, untuk makin bertanggung jawab, dan bahkan juga bisa dilatih supaya dapat memiliki sumber perekonomian yang kokoh sehingga perceraian bisa dihindarkan.

Menemukan fakta-fakta seperti ini tentu sangat menggelisahkan saya. Mengapa?

Karena Firman Tuhan dalam Matius 19:6 menyatakan,”…Apa yang telah dipersatukan oleh Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Jadi, kerinduan Tuhan adalah pernikahan hanya sekali (satu kali) untuk seumur hidup.

Jika terjadi perceraian dalam sebuah keluarga, yang menjadi korban tentu bukan hanya dua insan (suami-isteri) saja, tetapi anak-anak pun ikut terhisap menjadi korbannya.

Di sisi lain, Pengkhotbah 9:9 berkata, “Nikmatilah hidup dengan isteri yang kau kasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan Tuhan kepadamu…”

Dalam bahasa Inggrisnya, live joyfully with your wife.  Hidup penuh sukacita bersama isteri seumur hidup kita! Nah, dalam bahasa Ibrani lebih jelas bahwa isteri yang dimaksud disini berarti isteri di masa muda (bukannya isteri muda) yang kita nikahi seumur hidup sampai tua. Jadi, bukan hanya hidup bersama suami isteri dan tidak berpisah, tetapi juga menikmati kebersamaan tersebut! Suami menikmati relasi dengan isterinya, sang isteri menikmati relasi yang indah dengan suaminya, sehingga suami, isteri dan anak-anak dapat bertumbuh dalam lingkungan yang kondusif. Bukan hanya itu saja, bahkan model pernikahan orang tua dapat menjadi teladan dan modal untuk sang anak menjalani kehidupan berkeluarga mereka nantinya. Keteladanan itu sangat penting sekarang ini karena sangat sulit sekali mencari di sekitar kita.

Nah, bagaimana rahasianya untuk saling bisa menikmati?

1 Petrus 3:7 “Hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.”

Kunci rahasianya: Suami isteri itu jadi teman. My wife is my best friend! My husband is my best friend! Jika suami isteri bersahabat karib wahhhhh…sungguh indah pernikahan. Di dalamnya ada canda tawa ria, air mata sirna, kesulitan dihadapi bersama, masalah diusir dengan kompak! Bahkan akhirnya Tuhan senang memakai pernikahan mereka untuk menjadi saluran berkat bagi banyak orang!

So…apa hubungannya dengan Dating (pacaran)?

Dating (pacaran) adalah satu masa sebelum pernikahan.

Ada pepatah berkata,”Seribu langkah dimulai dari langkah pertama.” Nah, langkah pertama seperti apa yang mau kita tempuh? Apakah langkah yang sembrono, yang tidak berhikmat? Langkah yang asal-asalan? Atau langkah-langkah dimana Tuhan memimpin dengan penuh kuasa atas seluruh dimensi kehidupan kita?

Kami berharap dan berdoa agar Siaran Dating Insight menjadi langkah awal bagi banyak muda-mudi untuk menghidupi Christian Dating Principles yang akan membangun wawasan, membuka prinsip-prinsip kebenaran akan pacaran yang Tuhan kehendaki. Jika diterapkan, ujung-ujungnya pastilah kehidupan yang penuh damai sejahtera dan menjadi berkat bagi banyak orang. Seumur hidup kita! Indah bukan? Hal ini sudah saya dan Liana alami, karenanya kami ingin membagikan kepada banyak orang: rahasia, strategi, hikmat yang berdasarkan firman Tuhan untuk meneguhkan perjalanan menuju pernikahan seumur hidup!

Apa keunikan Dating INSIGHT?

Percakapan dalam Dating INSIGHT bermottokan T 3:

Timeless Word of GOD, basis pengajaran kami, selalu berdasarkan FIRMAN TUHAN yang tidak lekang oleh jaman. Firman Tuhan yang kekal.

Transparent Life of The Speakers, sebagai pasutri, kamipun mengalami pergumulan dalam bahtera pernikahan. Pergumulan demi pergumulan kami bawa ke dalam tangan Tuhan yang kuat! Kehidupan kami, jatuh bangunnya akan kami sharingkan dengan jujur, terbuka dan tulus di hadapan Tuhan dan pemirsa supaya T yang ketiga betul-betul terjadi:

Transforming Your Life,  berubah semakin seperti KRISTUS, inilah tujuan pernikahan. Kami berdua telah dibentuk-Nya dan terus in progress dalam arah menuju kesempurnaan di dalam kekekalan-Nya. Kami berharap Andapun mengalaminya! Karena sungguh indah berada dalam tangan Tuhan yang mengubah kita.

T1 bertemu T2, hasilnya adalah T3!

Siaran Dating INSIGHT disiarkan LIVE, memungkinkan  interaksi secara langsung dengan pendengar di manapun berada. Live maksudnya Liana dan Ev.Chang Khui Fa, khusus datang ke Studio Maestro setiap Senin malam jam 7.00 sd 8.00 malam untuk menyambut langsung para pendengar dan berinteraksi via SMS dan BBM. 

Semua settingan termasuk background music (Canon in D-Pachebel), pujian rohani yang menyegarkan dan menyejukkan jiwa, serta love song pilihan, pastinya akan mendatangkan INSIGHT bagi hati, pikiran dan jiwa Anda. 

 Dating INSIGHT mempunyai program GARAM & TERANG

Apa maksudnya? Jelas, sebagai insan yang telah ditebus oleh Kristus, kerinduan kami adalah menjadi GARAM & TERANG  bagi dunia seperti perintah Tuhan Yesus. Ini makna pertama.

GARAM & TERANG dalam arti kedua adalah rencana program siaran Dating INSIGHT selama setahun. Programnya terdiri dari huruf2 G/A/R/A/M/T/E/R/A/N/G dan Setiap hurufnya akan disiarkan 4-5 kali (sebulan).

Apa sih singkatan huruf-huruf-nya?

God’s Will in Dating (Apakah Kehendak Tuhan dalam Masa Pacaran?):

Apa kehendak Tuhan bagi anak-anak-Nya yang hendak memasuki masa-masa persiapan pernikahan?

Beberapa God’s Will yang akan diungkap: Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semua akan ditambahkan kepadamu (Matius 6:33), lalu akan dibahas pula tujuan dating (pacaran) adalah menyerupai Kristus. Nah, apa maksud dari Firman ini? Apa berlaku bagi sobat muda yang sedang bergumul mencari pasangan hidup?

Plus akan dibahas: Tidak baik manusia seorang diri saja…, Terang tidak bisa bersatu dengan gelap, ….arti penolong yang sepadan…

Am I the perfect candidate (Apakah saya calon yang sempurna)?

      Hendaklah engkau sempurna seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Mat 5: 48). Adakah masalah-masalah personality yang bisa merusak hubungan jangka panjang? Anda akan diajak untuk merefleksikan diri sendiri, mereview apa problema yang membuat tidak langgengnya relasi jangka panjang. Juga akan menjawab pertanyaan seputar: Mengapa saya tidak bisa mendapatkan pacar? Apa yang salah dari diri saya? Apa yang harus saya kembangkan dari kepribadianku agar bisa fit menjadi candidate dari seseorang yang akan mencintai saya seumur hidup?

Ready or Not for Dating (Siap tidak untuk pacaran)?

Pengkhotbah 3:1, untuk segala sesuatu ada masanya. Memasuki masa dating kalau terlalu cepat bahaya, terlalu lama juga tidak seru. Jadi kapan waktu yang tepat untuk memasuki masa dating? Kapan? Tentu berkaitan dengan umur seseorang, tapi apakah yang menentukan hanya umur saja???

Tentu ada hal lainnya yang sangat penting diketahui untuk menjadi titik ukur akan kesiapan seseorang dalam berpacaran. Dating akan sangat menyenangkan dan mempertumbuhkan hidup Anda jika memasukinya TEPAT WAKTU.

Asking someone out (Mengajak si dia keluar).

      Apa yang harus dipersiapkan sebelum mengajak someone out? Strategi-strategi apa yang dapat diterapkan untuk berbicara/berkomunikasi dengan efektif? Bagaimana cara mengajak seseorang yang kita taksir untuk nge-date? Apa aja sih yang akan kita hadapi jika kita ditolak?

Mr or Mrs. Wrong (Tn dan Ny. Salah)

      Apa nih yang menjadi ciri2 atau karakter dari seseorang yang BUKAN calon pasangan hidup kita? Anda harus peka terhadap tanda-tanda pasangan yang tidak tepat. Kalau salah tapi terus dipertahankan karena alasan cinta…apakah ujung-ujungnya bukan kesedihan dan air mata? Kapan harus break up…kami akan mengupasnya dari berbagai dimensi. Tunggu aja ya …

&

True Love (Cinta sejati)

      True love apa masih ada? Seperti apa sih cinta sejati?  Bagaimana ketika semakin tua, semakin menurun secara fisik, masih bertahankah cinta itu? Bagaimana membedakan cinta sejati dengan cinta monyet, cinta gombal, cinta palsu dan cinta-cinta lainnya yang gak mutu….? Bagaimana saya bisa menemukan my true love? Cinta sejati yang kekal yang berasal dari Tuhan…

Sama-sama tambah tua, tetapi bertambah-tambah dalam segala hal dan yang pasti bertambah-tambah cintanya pada Tuhan yang mempersatukan mereka.

Equally-Yoke Relationship (Hubungan yang sepadan)

      Equal itu artinya sama dengan. Bukan tambah kurang, yang berarti Sepadan. Apa artinya hubungan yang sepadan? Sepadan berarti terkonek..tersambung…tapi Bagaimana pasangan bisa saling terkoneksi? Koneksi apa saja yang harus dibangun? Equally-Yoke Relationship pastinya menciptakan koneksi dalam banyak dimensi…Akhirnya, hubungan menjadi kaya dan bersama-sama saling menumbuhkan. Hidup jadi tambah bergairah dan penuh antusias!

Respecting your Date (Menghormati pacarmu)

      Menghormati pasanganmu. Tuhan menghendaki kita untuk KUDUS. Bagaimana menjaga hubungan tetap kudus? Batasan-batasan apa saja dalam berpacaran yang harus diperhatikan? Kiat-kiat apa saja yang harus diperhatikan oleh para wanita? Masukilah pernikahan yang kudus dengan kekudusan hidup!

After a break up (Setelah putus cinta)

      Putus cinta? Putus asa? Desperate ga abis-abis…Gak gitu deh…so Bagaimana respon yang tepat setelah putus cinta? Apa langsung mencari pasangan lagi? Menyesali dan menjadi minder? Nah…apa dan bagaimana sih sikap kita jika harus mengakhiri sebuah hubungan?

Need you parents input (Nasehat dari orang tua)

      Orang tua adalah wakil yang Tuhan tempatkan bagi pemuda-pemudi. Nasehat mereka tentu sangat berharga untuk dipertimbangkan. Bagaimana memilah nasihat yang sesuai dengan prinsip Firman Tuhan, dan nasihat-nasihat yang subjektif?

Go for Marriage!!! (Ayo Menikah)!!!

      Marriage is never ending school! Pasangan bisa jadi alat Tuhan membentuk  kita semakin baik dan bertambah menyerupai Kristus. Tetapi tentu persiapannya bukan hanya fisikal tetapi juga spiritual. Jangan takut, jangan kuatir, jangan bimbang, putuskan yang terbaik dalam hidupmu and…Go for Marriage!

Nah ini baru episode perkenalan kita dengan Dating INSIGHT. Next, kami mulai mengupas satu persatu dari setiap huruf GARAM TERANG.

Senin ini tanggal 10 Maret 2014, jam 7 malam, dimulai dari G: God’s will in Dating…

So….stay tune, friends 🙂

Note:

Ev. Chang Khui Fa sudah menulis dua buah buku serial GARAM & TERANG. GARAM & TERANG bagi Keluarga (GnTbK) dan GARAM & TERANG for Youth (GnTfY). Dalam semua bukunya, selalu berkonsep T3: TIMELESS Words of GOD, TRANSPARENT Life of the Author, and Definitely Will  TRANSFORM your life too.

Dapatkan buku-buku Ev.Chang Khui Fa di Toko buku pinguin coupleVISI,(klik here untuk Connect ke Visi Bookstore Online) dengan judul-judul:

GARAM & TERANG bagi Keluarga (sekarang plus Study Guide)

about  book GARAM & TERANG bagi Keluarga klik here

GARAM & TERANG for Youth: Road to Transformation

about book GARAM & TERANG for YOUTH klik here

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s